Yuk Intip Rangkaian Kirab Pemuda di Demak

Yuk Intip Rangkaian Kirab Pemuda di Demak

DEMAK, Mediajateng.net – Kabupaten Demak menjadi salah satu titik singgah yang dilalui rombongan Kirab Pemuda 2018. Kirab Pemuda nasional, yang diikuti oleh 75 pemuda – pemudi dari 34 provinsi itu, merupakan agenda nasional yang diprakarsai oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam menyongsong Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober mendatang.

Di Kota Wali para peserta Kirab Pemuda, disambut hangat oleh Bupati Demak , M Natsir beserta jajarannya. Para pemuda – pemudi pilihan tersebut, disambut layaknya pahlawan karena telah menjadi duta bagi daerahnya masing – masing. Tiba di Demak mereka disambut dengan pengalungan bunga, diarak keliling Demak dengan konvoi jeep dan dijamu oleh Bupati Natsir di Pendopo Demak.

Selama kurang lebih 73 hari, para peserta Kirab Pemuda tersebut keliling Indonesia dan singgah di sejumlah kabupaten / kota yang menjadi titik singgah, termasuk singgah di Demak, sebelum nantinya mengikuti acara puncaknya di Bali.

Kirab Pemuda 2018 , dilatar belakangi adanya perbedaan suku bangsa, agama, adat dan kedaerahan. Serta adanya perbedaaan yang mencolok antara lapisan atas dan lapisan bawah yang cukup tajam

“Kirab Pemuda ini untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan pemuda. Untuk persatuan Indonesia,” kata Abdul Haris, Plt Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Demak, didampingi Joko Sari, Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan, Minggu (21/10/2018).

Kirab Pemuda ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian ekonomi pemuda melalui kegiatan yang kreatif , patriotik, gembira, kompetitif dan memorable (mudah diingat). Meningkatkan ketrampilan pemuda dan menjadikan kreatifitas pemuda sebagai motor penggerak pemersatu kebhinekaan.

“Mempromosikan kreativitas pemuda sebagai bagian dari upaya untuk memperdayakan potensi pemuda serta meningkatkan persatuan dan patriotisme pemuda sehingga selaras dengan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Haris.

Ditambahkan oleh Joko Sari, Kirab Pemuda 2018 mendorong optimalisasi daerah melalaui peran pemuda yang bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait. Mengondisikan langkah – langkah inovatif dalam rangka meningkatkan perlindungan terhadap pemuda dari faktor – faktor destruktif (merusak) yang dapat menghancurkan masa depan generasi muda.

“Semoga semua ini dapat menginspirasi terlaksananya rangkaian program atau kegiatan kepemudaan di seluruh daerah. Untuk melakukan pelayanan kepemudaan di seluruh daerah, memenuhi hak pemuda, dan membuka seluas luasnya partisipasi pemuda dalam pembangunan di daerahnya,” katanya.

Selama berada di Demak, peserta Kirab Pemuda 2018 akan mengikuti serangkaian kegiatan di antaranya, napak tilas kebhinnekaan, kirab budaya dan pembukaan pameran, penerimaan peserta dan lomba fashion, olahraga rekreasi bersama masyarakat di Simpang Enam Demak, temu komunitas pemuda kreatif di Pendopo Demak, bhakti sosial penanaman mangrove di Desa Berahan Wetan Kecamatan Wedung, lomba rebana dan seminar kepemudaan.

*Berita diambil dari mediajateng.net dengan judul sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *