Peserta Kirab Pemuda 2018 Dikenalkan Budaya Masyarakat Sambas

Peserta Kirab Pemuda 2018 Dikenalkan Budaya Masyarakat Sambas

Sambas (Antaranews Kalbar) –¬† Sebanyak 34 pemuda yang tergabung dalam Kirab Pemuda dari 34 Provinsi se-Indonesia, akan dikenalkan berbagai seni dan budaya masyarakat di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalbar.

“Ada sebanyak 50 orang yang tiba di Sambas, yakni terdiri dari seluruh pemuda perwakilan 34 provinsi bersama para pendamping tersebut yang tiba di Pontianak, Senin malam (15/10) dan tiba di Sambas, Selasa pagi ini,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kalimantan Barat, Natalia Karyawati di Sambas, Selasa.

Ia menjelaskan, begitu tiba di Pontianak, rombongan Kirab Pemuda 2018, langsung bertolak ke Kabupaten Sambas untuk mengikuti beberapa rangkaian acara.

“Beberapa kegiatan akan dilakukan di Sambas termasuk melakukan kegiatan sosial bersama masyarakat Sambas,” katanya.

Ia menambahkan, semangat kepemudaan, menjadi salah satu alasan diadakannya Kirab Pemuda yang dipelopori oleh Kemenpora ini. Terkait perekrutan sendiri, dijelaskannya bahwa seluruh pemuda dapat mengikuti kegiatan ini melalui sistem online setiap tahunnya dengan syarat serta ketentuan yang telah ditetapkan Kemenpora

“Dari beberapa pemuda yang direkrut, dua orang pemuda dan pemudi terpilih mewakili Kalbar untuk selanjutnya mengikuti pelatihan kepemudaan di Kemenpora dan selanjutnya mengunjungi 34 Provinsi yang terbagi dua zona,” katanya.

Natalia mengatakan, seluruh pemuda dari 34 Provinsi se-Indonesia ini menginap diperumahan warga dengan melakukan kegiatan-kegiatan kepemudaan di Kabupaten Sambas hingga Jumat pagi dan akan melanjutkan perjalanan ke provinsi lainnya.

“Mereka menginap di perumahan warga sekaligus mengenal budaya Kalbar melalui warga Sambas. Selain juga mereka akan melakukan beberapa lomba, pawai dan pameran di Sambas,” katanya.

Provinsi Kalbar, masuk dalam zona 1 dan merupakan provinsi ke-11 dari 17 provinsi yang akan dikunjungi 34 peserta Kirab Pemuda tersebut.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Sambas, Jepriadi mengaku bangga, Sambas menjadi titik singgah kegiatan Kirab Pemuda 2018, karena hal itu bisa dijadikan momentum menggali potensi pemuda.

“Kirab pemuda merupakan momentum yang baik bagi pembangunan potensi kepemudaan di Kabupaten Sambas karena kami didatangi sahabat sahabat muda dari seluruh Indonesia untuk saling tukar informasi terkait gerakan teman-teman pemuda di daerah masing- masing daerah,” ujarnya.

Ia juga berharap agar seluruh unsur kepemudaan memanfaatkan momentum tersebut untuk berbagi informasi terkait  program pembangunan pemerintah pusat.

*Berita diambil dari antaranews.com dengan judul yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *