Kirab Pemuda Singgah di Kabupaten Pasuruan Bawa Misi Kebhinekaan

Kirab Pemuda Singgah di Kabupaten Pasuruan Bawa Misi Kebhinekaan

Pasuruan, Bhirawa – Kirab Pemuda perwakilan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia singgah di Kabupaten Pasuruan. Kirab Pemuda merupakan kegiatan Kemenpora yang diwujudkan dalam perjalanan napak tilas atau pawai kebhinekaan dalam menjaga NKRI.

Dipilihnya Pasuruan sebagai tempat persinggahan, karena daerah ini merupakan tempat bersejarah dari kerajaan majapahit.

“Di Jawa Timur yang kami jadikan tempat singgah, yakni di Pasuruan dan sebelumya di Gresik. Kehadiran kami disini sebagai bentuk napak tilas karena Jawa timur merupakan salah satu daerah bersejarah, dibuktikan dengan pernah berjayanya kerajaan majapahit,” ujar Alfredo Do Karmo, Kepala Bidang Kreatifas Fashion dan Film Kemenpora RI, di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Selasa (6/11)

Menurutnya, kirab pemuda untuk meningkatkan patriotisme para pemuda yang selaras dengan Bhineka Tunggal Ika. Termasuk pula, untuk memahami tentang bentuk keberagaman di Indonesia.

“Makanya, mereka kami bentuk menjadi pemuda yang inklusif, responsive, kreatif, inovatif dan pro aktif. Terdapat lima kata kunci inilah harus ada dalam diri dan jiwa mereka, karena pemuda adalah bagian generasi penerus bangsa,” papar Alfredo Do Karmo.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasuruan, KH A Mujib Imron mengajak para pemuda untuk penyebar jiwa toleransi, hormat dan menghargai segala perbedaan hingga lainnya.

“Selamat datang kepada seluruh peserta Kirab Pemuda 2018. Saya sangat mengapresiasi atas kehadiran para pemuda dari seluruh nusantara di Kabupaten Pasuruan. Sebagai pemuda, harus memberikan wahana kebhinekaan, kebebasan, kebersamaan serta persaudaraan kita sebagai warga negara Indonesia,” tandas KH A Mujib Imron.

Salah satu peserta kirab asal Papua Barat, Rosita Lestari menyatakan senang dan tertarik berada di Pasuruan, Jawa Tumur.

“Penyambutannya luar biasa. Meriah dan masyarakatnya ramah-ramah. Saya ini penasaran dengan budaya Tengger yang ada di Kecamatan Tosari, berikut keindahan Gunung Bromo yang view terbaik di dunia,” kata Rosita Lestari.

Dari pantauan dilokasi, kedatangan peserta Kirab Pemuda tersebut disambut oleh Tim Paskibraka Kabupaten Pasuruan dan Marching Band dari SMAN I Bangil. Di dalam pendopo Kabupaten Pasuruan, perwakilan peserta Kirab Pemuda menyerahkan bendera pataka kirab pemuda kepada Wakil Bupati Pasuruan, KH A Mujib Imron, sebagai tanda kedatangan.

Kirab Pemuda perwakilan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia ini, Jawa Timur merupakan titik singgah ke 16 provinsi. Dari Pendopo Kabupaten Pasuruan, rombongan Kirab Pemuda akan menuju kawasan Tengger di Tosari Kabupaten Pasuruan. Disana para pemuda akan disuguhkan pesona budaya Tengger yang berada di kawasan Gunung bromo. [hil]

*Berita dikutip dari harianbirawa.com dengan judul sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *