Kemenpora gelar Kirab Pemuda 2018 di Singkawang

Kemenpora gelar Kirab Pemuda 2018 di Singkawang

Pontianak (Antaranews Kalbar) – Kementerian Pemuda dan Olahraga RI menggelar Kirab Pemuda 2018 dengan Pawai Kebhinekaan dan Jalan Santai di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (21/10).

“Kegiatan ini diikuti ribuan pemuda dan pelajar se-Kota Singkawang,” Kepala Bidang Kreativitas Teknologi Informasi Kemenpora RI, Muhammad Faisal Al Islami di Singkawang, Senin.

Pawai Kebhinekaan diawali rute dari Mess daerah Jln Merdeka, Jln Pemuda, Jln Jend sudirman, Jln Nusantara, Jln Setia Budi, Jln Niaga, Jln Sejahtera, Jln Diponegoro dan kembali ke Mess Daerah.

Dia menjelaskan, Kirab Pemuda 2018 yang diselenggarakan ini memiliki manfaat yang signifikan untuk terus membuka ruang yang luas bagi kreativitas dan inovasi pemuda di berbagai bidang.

“Kegiatan ini melintasi seluruh provinsi di Indonesia dengan kemasan menarik kekinian, inovatif, kreatif, gembira, massal, kompetitif dan menumbuhakan semangat kebhinekaan,” tuturnya.

Dikatakan dia, pemuda merupakan bagian besar dari masyarakat Indonesia yang harus menjadi pemimpin masa depan untuk Indonesia yang lebih baik.

“Pemuda yang pandai memaknai persahabatan dan persaudaraan, pemuda yang bertaqwa, melaksanakan interaksi antar budaya, dan memelihara kerukunan antar sesama,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, pemuda harus menerapkan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia dalam rangka memantapkan landasan spiritual, moral dan etika pembangunan bangsa.

Dia berharap, Kirab Pemuda ini tidak hanya sekedar perjalanan keliling Indonesia saja melainkan juga bisa menjadi wadah pengkaderan calon pemimpin bangsa yang memiliki multi talenta sebagai bekal memimpin dikemudian hari.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengatakan, pemuda harus menjadi lokomotif dalam membangun bangsa ini.

“Pemuda harus menjadi garda terdepan dalam menjaga kebhinekaan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” katanya.

Maka dari itu, mari junjung nilai-nilai demokrasi, nilai-nilai persamaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Irwan juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang telah memberikan kepercayaan Kota Singkawang sebagai salah satu tempat penyelenggaran Kirab Remaja 2108.

“Atas nama Pemerintah Kota Singkawang dan seluruh masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pemudan dan Olahraga. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan peran pemuda dalam segala bidang untuk mewujudkan Singkawang Hebat,” ungkapnya.

 

*Berita dikutip dari Antaranews.com dengan judul sama.
Pewarta : Rendra Oxtora
Editor: Admin Antarakalbar
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *