Begini Keseruan Event Kirab Pemuda di Sambas

Begini Keseruan Event Kirab Pemuda di Sambas

KIRAB Pemuda tahun 2018 untuk Persatuan Indonesia dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Sambas, Kalimantan Barat pada Selasa (16/10/2018). Ratusan pemuda menghadiri kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenpora bersama dinas terkait.

Seluruh masyarakat termasuk peserta kirab pemuda lantas histeris karena vokalis Band Seventeen hadir meramaikan acara dan mendendangkan lagu khas Melayu dan lagu hits Seventeen “Jaga Selalu Hatiku”. Ifan, Duta Kirab Pemuda Kalbar mengaku bangga dengan pemuda Kalbar yang jauh lebih maju jika dibandingkan dengan pemuda di zamannya.

“Sekarang jauh lebih maju, lebih kreatif, jauh peduli terhadap sosial,” ungkapnya kepada Okezone.

Selaku Duta Kirab Pemuda, Ifan melihat acara ini dapat meningkatkan jiwa kepemudaan melakui ikrar dan melakukan gerakan nyata yang berlaku di seluruh Indonesia.

“Bahwa pemuda inilah pelopor bangsa agar tidak lagi memandang ras suku agama yang dapat memecah belah bangsa. Aku sebagai Duta Kirab Pemuda Kalbar ingin menunjukkan bahwa menjadi pemuda kreatif tidak harus ke Jakarta,” ujarnya.

Kirab Pemuda yang kedua dilaksanakan di Kalimantan Barat ini merupakan rangkaian pelaksanaan Kirab Pemuda tahun 2018 dengan zona 1 bagi seluruh peserta kirab perwakilan dari 34 Provinsi se-Indonesia. Drs Junaidi MSi selaku Asdep Kreativitas Pemuda Kemenpora RI mengatakan bahwa pemuda merupakan bagian terbesar bangsa Indonesia berdasarkan konstitusi UUD 1945 yang dijamin keberlangsungan hidupnya untuk tumbuh dan berkembang termasuk perlindungan dalam mendapatkan pendidikan serta kehidupan layak lainnya.

“Untuk itu melalui kirab pemuda ini merupakan salah satu kegiatan wawasan kebangsaan yang akan mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi di Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya beberapa permasalahan saat ini yang kerap melanda Indonesia salah satunya adalah kebebasan berlebihan yang memicu konflik masyarakat termasuk persoalan narkoba serta perilaku seks bebas dan LGBT.

“Kirab pemuda yang dilaksanakan oleh Kemenpora ini memberikan ruang Inovasi serta kreatifitas bagi seluruh pemuda di Indonesia,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, Natalia menjelaskan bahwa ajang ini hendaknya dimaknai oleh pemuda dengan sikap kebangsaan yang tinggi dan membangkitkan semangat nasionalisme.

“Sehingga semangat kepemudaan peduli bangsa dibangkitkan kembali melalui kirab pemuda ini,” tuturnya.

Bupati Sambas, Hairiah mengaku bangga atas terpilihnya Kabupaten Sambas menjadi tempat penyelenggaran kegiatan berskala nasionalisme.

“Sehingga seluruh peserta kirab pemuda akan melihat sisi budaya Sambas mulai dari menenun hingga makan saprahan serta adat budaya lainnya,” pungkasnya.

*Berita diambil dari okezone.com dengan judul sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *